Friday 3 February 2012

Sistem Pakar . . . ^_^ this word is very meaningful for me...
dari suka liat aplikasinya.. suka pembahasannya.. jadi terinspirasi dijadiin judul Skripsi..
Oooh perjuangan skripsi yang penuh kenangan :) meski jatuh bangun tapi indah dikenang. Hmmm... jadi ingat kalimat dosenku saat mendengar keluhan ku selama skripsi "Disaat udah selesai nanti.. susah payahnya skripsi ini bakal terkenang.. justru susah payah ituw yg membuat berkesan"
He's right.. disaat ituw semua sisi kehidupan menyerang.. (pundi-pundi emas ^_^ terutama)

Kompre atau ujian Oral... 2 jam full diwawancarai bak artis papan atas (diperhalus.. padahal like introgasi lebih tepatnya .. hehehe). Pendingin udara g' mempan.. keringat keluar trus.. mpe dandanan dari subuh pun luntur... lol.......... 

Flash back dikit...
Slide presentasi Comprehensive quww... ^_^  

Bab IV quwww

BAB IV
TES DAN IMPLEMENTASI

Bab berikut ini adalah implementasi berdasarkan dari landasan toeri pada bab dua. Berdasarkan dari knowledge base yang dimilikinya, perancangan dan pembuatan sistem pakar sebagai pendeteksi gangguan organ pencernaan pada manusia dan pengobatan dengan menggunakan tanaman obat ini dapat digolongkan sebagai aplikasi sistem tingkat satu, yaitu dengan kriteria menggunakan internal knowledge, inference engine menggunakan backward chaining, dan mampu menampilkan hasil kerja dari inference engine melalui user interface.
Bab ini membahas mengenai implementasi dari sistem pakar yang telah dirancang pada Bab sebelumnya serta mengevaluasi hasil dari sistem yang telah diimplementasikan kepada pengguna. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem pakar yang dibuat mendekati diagnosa sebenarnya yang dilakukan oleh pakar.
Penjelasan lebih detail dari perancangan aplikasi sistem pakar pendeteksi gangguan organ pencernaan pada manusia dan pengobatan dengan tanaman obat ini dapat dilihat pada sub-bab berikutnya.

A.     Data flow diagram (DFD)
Berikut adalah DFD dari sistem pakar pendeteksi gangguan organ pencernaan pada manusia dan pengobatan dengan tanaman obat.

Gambar 4.1. Data flow diagram (DFD)

External entity dari Sistem Pakar ini adalah Pakar, Admin dan User. External entity tersebut memasukkan data berupa fakta kedalam mesin inferensi melalui user interface.

B.     Implementasi Sistem
Pada tahap ini dilakukan proses untuk menemukan penyakit apa yang sesuai dengan keluhan user. Proses pendeteksian . . . . (selengkapnya...)

No comments: