Sunday 31 August 2014

Kuliah S2, perlukah?

Setelah lulus kuliah S1, apa yang terlintas dalam pikiran kamu? Sebagai fresh graduate, langsung cari kerja? Lanjut & sambung kuliah S2? atau kerja dulu baru lanjut kuliah? Masing-masing orang punya opini dan cita-cita masing-masing. Tidak salah kalau kita yang lebih pilih karir, tidak salah juga kalau kita pilih kuliah.

Menurut saya, perlu atau tidaknya melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi itu kembali kepada minat masing-masing. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa sekolah gak perlu tinggi-tinggi karena ujung-ujungnya kembali bekerja mencari uang. Mereka berpendapat pendidikan memang penting, tapi tidak sedikit juga orang bisa sukses dengan hanya sekolah rendah (drop out kuliah, tidak kuliah, dll). Ada juga yang memang suka belajar, menekuni dunia bidangnya, berkutat dengan buku dan penelitian, mengeksplorasi lebih jauh suatu ide & ilmu. Itu kembali lagi kepada mindset dan minat masing-masing orang. Jika Anda punya minat yang tinggi, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China (salah apa si ilmu :D ).

Kadang banyak yang bertanya, alasan apa yang mendasari seseorang melanjutkan kulisah S2? Biasanya ada beragam alasan ketika seseorang memutuskan untuk melanjutkan kuliah lagi. Termasuk di antaranya:

- Merasa masih kurang dan ingin belajar lagi

- Masih ingin tinggal di perantauan (bagi yang kuliah di luar kota/luar negeri) lebih lama

- Gelar, titel di belakang nama

- Gengsi dan simbol status

- Perbaikan karir

- Investasi untuk jangka panjang

- Dipaksa atau disuruh orang tua

- Mau jadi professor

- dll

Sebelum benar2 memutuskan melanjutkan kuliah S2, kadang kita harus memikirkan, mau dibawa kemana ilmu dan skill gelar Master kita. Walau tujuan awal saya pingin perbaikan karir tapi tetap saja sebisa mungkin karir saya masih erat kaitannya dengan IT supaya kuliah saya tidak terkesan sia-sia. Walau tidak bisa dijadikan patokan khusus, karena semakin sengitnya persaingan dunia kerja, pendidikan tinggi kadang bukanlah senjata yang ampuh mendapatkan karir yang bagus. Tentunya pengalaman kerja & skill juga merupakan faktor penting dalam dunia kerja.

Yang pastinya, apapun keputusan yang diambil, pastinya yang terbaik buat karir dan masa depan Anda. Dan tentunya ilmunya bisa bermanfaat di dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

2 comments:

Anonymous said...

tes

Anonymous said...

hmm